Menjadi Insan Mulia (Muhasabah Akhir Tahun Hijriyah)

" Semakin tinggi nilai sesuatu semakin mahal pula harganya, bila ingin mencapai surga yang tertinggi diakhirat, maka seseorang harus berada pada posisi tertinggi di dunia "

Kita telah melewati detik, menit, jam , hari, pekan, dan tahun- tahun yagn cukup panjang dan melelahkan. semuanyaa sudah berlalu...

Berapa banyak amal yang sudah kita lakukan selama itu? mari kita mereka-reka jawabanya. Ya, ternyata baru itulah, kesungguhan yang kita lakukan untuk menyongsong sebuah kehidupan yang pasti dan abadi. Ternyata, hanya sebanyak itu bekal yang kita kumpulkan untuk menebus kebahagian akhirat. Sudah cukup? Pasti tidak. Semantara kita sama sekali tidak tahu, berapa detik, menit, jam, hari, pekan dan tahun laagi yang tersisa dihadapan.

Saudaraku,

Sekarang, kita berada disini. Didetik, menit, jam, hari, pekan, dan tahun ini. Mari berdoa, semoga keadaan kita lebih baik dari yang lalu. Mari kita bersungguh-sungguh, karena hanya disini kesempatan kita untuk mengukir amal. "Dunia ini hanylah 3 hari." nasihat Imam Hasan Al Bashri. Ia melanjutkan, tiga hari itu adalah: "Hari kemarin yang sudah berlalu, dan kita tidak bisa lagi untuk merubahnya. Hari esok, adalah misteri yang kita tidak tahu apakah kita akan masih memiliki kesempatan didalamnya. Dan hari ini, kesempatan untuk kita melakukan amal salih. Maka,beramallah sebanyak-banyaknya..."

Saudaraku,

Semua kita pasti mendambakan rahmat 4JJ1 untuk bisa dimasukkan ke dalam surga. Itulah kemenangan, kebahagian dan kenikmatan yang tidak ada tandingannya. Kenikmatan yang membuat kita tak akan puas hanya sekedar berada didepan gerbangnya. Kenikmatan yang menjadikan kita tak berhenti hanya sekedar masuk beberapa langkah dihalamanya. kenikmatan agung yang membuat siapa pun tak akan pernah berhenti kecuali sampai kepuncak yang paling tinggi, surga firdaus. Kita bahkan berharap ingin termasuk dalam kategori kelompok "illyyin " atau orang2x yang di tinggikan. Obsesi ini tercermin dalam nasihat Rasullulah SAW. " Jika kalian memohon kepada 4JJ1, maka mohonlah kepada-NYA Jannatul Firdaus yang paling tinggi, karean sesungguhnya disana inti surga. (HR.Thabrani)

Saudaraku,

Jalan ini panjang. Memerlukan waktu yagn lama. Memerlukan pengorbanan yang sangat banyak. Tapi tak akan ada lagi jalan lain yang lebih selamat. Semoga 4JJ1 mengantarkan kita ke puncak kemuliaan di dunia, dan mengizinkan kita menghirup kenikmatan surga Firdaus.

" Hari ini adalah impian hari kemarin, esok adalah impian hari ini, teruslah ber-MIMPI untuk menjadi lebih baik dari kemarin"

Comments (0)